"Generasi Millenial & Destinasi Digital" Di Malam APWI 2018

1472 Views
Berasal dari bahasa Sansekerta, dan terdiri dari 2 bagian yaitu "Pari" dan "Wisata".  Kata "Pari" memiliki arti bersama atau berkeliling sedangkan "Wisata" memiliki arti perjalanan.  Jika digabungkan akan membentuk sebuah kata "PARIWISATA" yang berarti Melakukan kegiatan perjalanan berkeliling, menambah pengetahuan atau aktifitas yang dapat menenangkan hati dan pikiran serta menyegarkan otak.

Seperti, hari Jumat 7 Desember 2018 Sahabat TDB (taudariblogger.info) berkesempatan menghadiri APWI 2018 di Balairung Soesilo Soerdarman, Gedung Sapta Pesona. Menteri Pariwisata "Arief Yahya" memberikan penghargaan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2018 kepada para pewarta pariwisata mulai dari Media Cetak (surat kabar dan majalah), Media Elektronik Televisi, Media Online dan Blogger.



Penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata bertujuan sebagai bentuk apresiasi kepada para pewarta pariwisata atas karya tulisan dan tayangan televisi seputar destinasi digital di INDONESIA, sesuai dengan tema APWI tahun ini, yaitu "Destinasi Digital".

Dan sebagai pemacu para pewarta pariwisata dalam menghasilkan sebuah karya tulisan atau tayangan, yang dapat menginformasikan kepada seluruh wisatawan di Indonesia tentang berbagai kegiatan yang terkait dalam unsur 3A (Atraksi, Amenitas dan Aksebilitas). Yang merupakan unsur sangat penting dalam mendukung daya saing destinasi pariwisata, apalagi di era digital saat ini. Dan para pengunjung atau wisatawan didominasi oleh Generasi Millenials.

"Destinasi digital menjadi salah satu program prioritas Kemenpar dalam meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia. Dari target juta kunjungan wisman pada tahun depan (2019) diproyeksikam 50% adalah Wisatawan Millenial," Menpar Arief Yahya

Sebagai Generasi Millenial saya akui, mengunjungi destinasi wisata menjadi hal yang lumrah atau hal yang wajib dilakukan. Berkunjung atau mencoba tempat wisata yang keren, unik, bagus dan yang terutama harus Instagramble supaya feed di Instagram terlihat bagus hehehe..... Apalagi sekarang serba digital, semua Destinasi Wisata bisa kita temukan melalui Gadget.

Selaku Kepala Biro Komunikasi Publik (Kombik)  Guntur Saktimelaporkan, bahwa minat para insah pewarta pariwisata dalam mengikuti lomba APWI 2018 semakin meningkat dari tahun 2017 lalu. Terlihat dari hasil karya peserta yang terkumpul mencapai 3.279 karya berupa artikel dan video (wwaageellaahh banyak banget) terdiri atas 56 artikel majalah, 43 artikel surat kabar, 119 artikel media online, 153 artikel blogger dan 61 tayangan video.

Lomba APWI 2018 merupakan ajang perlombaan yang sangat ketat dan teliti dalam penjuriannya. Dewan Juri APWI 2018 berasal dari unsur Pentahelix Pariwisata, yaitu :
  1. Wahyu Indrasto (Pemimpin Redaksi Majalah Eksekutif)
  2. Elly Hutabarat (Ketua ASEANTA Indonesia (Industri))
  3. Wahyu Aji (Ketua GNFI (Komunitas))
  4. H. Himawan Brahmantyo (Ketua Hisiktipari (Akedemisi))

Mau tau kenapa jumlah Peserta APWI 2018 sangat meningkat tajamm????

"Jumlah peserta APWI 2018 meningkat pesat. bila pada APWI 2017 diikuti 876 karya peserta, tahun ini meningkat menjadi 3.279 karya peserta. Meningkatnya jumlah karya peserta tahun ini selain terpicu oleh total hadiahnya yang besar mencapai Rp. 300 juta yang termasuk di dalamnya untuk hadiah kategori utama atau best of the best sebesar Rp. 100 juta, juga karena tema yang dilombakan menarik yakni Destinasi Digital yang menjadi trend di kalangan millenial," Kombik Guntur Sakti

Pantesan banyak yang ikutt hadiahnya Wwwwooowww bingggoo....

Untuk juara 1 (kategori : surat kabar, majalah dan online) sebesar Rp. 12 juta, kategori blogger dan televisi sebesar Rp. 10 juta dan Rp. 8 juta. Sedangkan untuk juara 2 (kategori : surat kabar, majalah dan online) sebesar Rp. 10 juta, kategori blogger dan televisi sebesar Rp. 8 juta dan Rp. 13 juta. Lalu untuk juara 3 (kategori : surat kabar, majalah dan online) sebesar Rp. 7 juta, kategori blogger dan televisi sebesar Rp. 6 juta dan Rp. 10 juta.

Sementara untuk juara harapan 1 (kategori : surat kabar, majalah dan online) sebesar Rp. 7 juta, kategori blogger dan televisi sebesar Rp. 5 jura dan Rp. 8 juta. Sedangkan untuk juara harapan 2 (kategori : surat kabar, majalah dan online) sebesar Rp. 4 juta, kategori blogger dan televisi sebesar Rp. 4 juta dan Rp. 7 juta. Dan untuk "THE BEST OF THE BEST" akan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 100 juta.

Kepoo yaaa sama pemenang APWI 2018 ???

Niihh para pewarta pariwisata yang berhasil menjadi Pemenang di APWI 2018 ????????????????


? Kategori Media Cetak : Majalah

???? Juara I : Doddy Wiraseto (Batik Air Magazine) “Pemantik Pikat Wisata Nomadik”.

???? Juara II :  Jeihan Kahfi Barlian (Majalah SWA) “Nomadic Tourism dan Digital Destination : Arena Baru Mengeksplorasi Tujuan Wisata yang Eksotis.

???? Juara III : Fachruddin Abdullah (Majalah Event Guide) “Wisata di Kulon Progo Tak Cuma Kalibiru”.

???? Juara  Harapan I : Andri Syahreza (Majalah Mutiara Biru) “Going North”.

????  Juara Harapan II : Donna Imelda (Majalah Asrinesia) “Eksotisme Labuan Bajo”.  

? Kategori Media Cetak : Surat Kabar

???? Juara I : Arief Suharto (Koran Jakarta) “Keindahan Wonosobo Temanggung”.

???? Juara II :  Eva Fitriani (Investor Daily) “Beraksi di Breksi”.

???? Juara III :  Mariyana Ricky P. (Solopos) “Pikat Sunset di Bukit Patrum”.

???? Juara  Harapan I : Setiady Dwie (Suara)
“Museum Angkut Nan Yahud”.

???? Juara Harapan II : Apriadi Gunawan (The Jakarta) “Lake Toba Pearl of North”.   

? Kategori Media Online :

???? Juara I : Adinda Permatasari (Viva.co.id) “Pose Instagramable Ditemani Ikan Wara-wiri di Dasar Air Umbul Ponggok”.

???? Juara II :  Erizky Bagus Zuhair (Akurat.com) “Memandang 10 Bali Baru dalam Bingkai Destinasi Digital”.

???? Juara III : Fadhil (Sindobatam.com) “Gerbang Pariwisata di Seberang Singapura”.

???? Juara  Harapan I : Erwin Gumilar (Venuemagz.com) “Sensasi Berwisata di Bekas Tambang Batu”.

???? Juara Harapan II : Edi Sutrisno (Beritakepri.id) “Pasar Kaki Langit Jogja Harmoni Apik Kearifan Lokal, Alam dan Jagad Digital”.

? Kategori Media Blogger :

???? Juara I : Lina W. Sasmita “Mengunjungi Pasar Mangrove Batam Salah Satu Destinasi Digital Anak Milenial”.

???? Juara II :  Elisabeth Murni “Ranting-Ranting yang Berkisah di Hutan Pinus Pengger”.

???? Juara III : Qurotul Ayun “Harmoni Pagi di Pasar Kaki Langit”.

???? Juara  Harapan I : Teguh Sudarisman “Menjelajah 12 Destinasi Instagramable di Kaki Langit”.

????  Juara Harapan II : Ardian Kusuma “Sehari Menjelajahi Enam Destinasi Digital Jogja”.

? Kategori Media Televisi:

???? Juara I : Produksi : Journey Metro TV
 Judul tayangan : “Journey to Lasem”
 Produser : Mutmainnah.

???? Juara II :  Produksi : Tau Gak Sih Trans 7
Judul tayangan : “Jaga Mata Jaga Hati”
Produser : Okki Saputra.

???? Juara III : Produksi : Let's Go MNC TV
Judul Tayang : “Hati Kecantol Pesona Misool”
Produser : Jajang Dirajanaga.

???? Juara Harapan I : Produksi : Jalan-jalan Kompas TV Judul Tayang : “Pesona Bali Utara” Produser : Tia Noviana.

???? Juara Harapan II : Produksi : Jejak Petualang Weekend Trans 7 Judul Tayang : “Jelajah Pulau Naga” Produser : Rut Helga.





Para Pemenang APWI 2018 Kategori Surat Kabar


Comments

Signin Signup