11 Tips Menulis Dari Kang Adi (2)

Views

Yup ini adalah kelanjutan dati Tips Menulis yang Kang Adiberikan di kelas kuliah Whatsapp Writing for Healing (WFH) Challenge yang diadakan oleh komunitas Books4Care topiknya mengenai penulisan kreatif.

 

Postingan sebelumnya kita sudah diajarkan Kang Adi mengenai  Tetapkan dan Mantabkan Niat, Sering dan Banyak Membaca, Harus Sensitif, Lakukan Penelitian, Ayo Mulai Menulis dan Temukan Ciri Khas Tulisan dan berikut adalah point yang tersisa.

 

  • 7.      Berani

Berani di sini adalah berani karya kita dibaca oleh orang lain. Biasanya, teman dekat adalah orang yang dianggap bisa dipercaya. Maka, berikan karya kita untuk dibacanya dengan harapan mendapatkan masukan terhdap tulisan yang dibuat, agar menjadi lebih baik lagi. Catat hal-hal penting dari pembaca sebagai masukan positif.


Contoh nyata yang sudah kang Adi lakukan, kang Adi menerbitkannya di media sosial. Ini, bisa menjadi jalan untuk mengukur seberapa besar keberanian kita, terutama karya kita dibaca oleh orang lain. Jangat takut dengan kritikan dari orang lain. Justru, jadikan kritikan dari orang lain terhadap karya kita itu menjadi pemicu untuk melahirkan karya yang jauh lebih baik. Jadi, tetap semangat, ya!

 

  • 8.      Kuatkan Mental

Apapun hasil kritikan dan masukan dari teman atau editor sekalipun, jangan pernah menyerah! Apalagi berhenti menulis. Ditolak oleh penerbit akan menjadi cambuk bagi penulis yang perlahan akan mendewasakan penulis itu sendiri. Perbaiki dan kirimkan kembali sampai karya yang dibuat, menemukan takdir yang baik. 


Perbaiki dan kirimkan kembali sampai karya yang dibuat, sampai menemukan takdir yang baik.

 

 

 SELENGKAPNYA

Comments

Signin Signup