5 Penyebab Kanker Serviks Dan Pencegahannya.

699 Views

Penyakit Kanker menjadi momok hingga saat ini.  Saat ini  kasus kanker di Indonesia   mencapai 4,8 juta pada 2018. Kasus terbanyak adalah Kanker Payudara, Kanker Serviks, dan Kanker Paru. Oleh sebab itu penting sekali untuk mengetahui dan melakukan  deteksi dini.  Kita akan fokus kepada apa itu kanker serviks?  Mengutip  data Globocon 2018, kasus baru kanker serviks di Indonesia mencapai 32.469 jiwa. Bukan angka yang sedikit bukan.

 

Kanker sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh dan  merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain.  Kanker dapat menyebabkan kematian karena penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awalnya  dan terdeteksi serta diobati setelah mencapai stadium lanjut.

Yang terbaik saat ini kita bisa lakukan adalah pemeriksaan skrining atau cek kesehatan secara berkala, agar kanker dapat terdeteksi lebih awal. Untuk mencegah kanker sendiri, jalani pola hidup yang sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga, tidak merokok, dan tidak minum alkohol.

 

Penyebab Kanker

Penyebab utama kanker adalah perubahan (mutasi) genetik pada sel. Mutasi genetik akan membuat sel menjadi abnormal. Sebenarnya, tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk menghancurkan sel abnormal ini. Bila mekanisme tersebut gagal, sel abnormal akan tumbuh secara tidak terkendali.

 

Faktor yang diduga berisiko menyebabkan mutasi genetik pada sel normal dan kegagalan tubuh untuk memperbaikinya antara lain: memiliki riwayat penyakit kanker dalam, berusia di atas 65 tahun, merokok, terpapar radiasi, zat kimia (misalnya asbes atau benzene), atau sinar matahari, terinfeksi virus, seperti hepatitis B, hepatitis C, dan HPV, terpapar hormon dalam kadar tinggi atau jangka panjang, mengalami obesitas, kurang banyak bergerak dan tidak rutin berolahraga, menderita penyakit yang menyebabkan inflamasi kronis (peradangan jangka panjang), misalnya kolitis ulseratif, menurunnya sistem kekebalan tubuh, misalnya akibat menderita HIV/AIDS.

Kanker Serviks.

Nah untuk kaum perempuan yang perlu menjadi perhatian khusus adalah Kanker Serviks. Saat ini gencar dilaksanakan kampanye melawan kanker serviks, karena kanker serviks sudah menyebabkan banyak perempuan meregang nyawa tanpa memahami dan benar-benar tahu apa itu kanker serviks



SELENGKAPNYA

Comments

Signin Signup