Pemuda DMI dan Pemuda Muhammadiyah Kongkritkan Rencana Pemberdayaan Ekonomi Ummat

1049 Views
Pertemuan antara DMI dan Pemuda Muhammadiyah berlangsung hangat pada Selasa malam (15/1/2019) di ISYEF Point yang terletak di kompleks Masjid Cut Meutia. Plt Sekjend DMI, Arief Rosyid, dengan tim berdiskusi panjang lebar dengan jajaran Pemuda Muhammadiyah yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum barunya, Sunanto, mengenai isu - isu keumatan dan kebangsaan. 

Pertemuan itu membuahkan kerjasama strategis bagi kedua belah pihak.  Arief mengatakan, "Pemuda DMI dan Pemuda Muhammadiyah bersepakat agar potensi pemuda dimanfaatkan untuk menjadi solusi terhadap persoalan keummatan dan kebangsaan, khususnya ketertinggalan kita di bidang ekonomi.” 

Cak Nanto, sapaan akrab Ketum Pemuda Muhammadyah, menambahkan “Misalnya, selain warung kopi di Masjid, kita juga bisa menghadirkan food truck di pusat - pusat aktivitas umat Islam. Selain itu tradisi di Pemuda Muhammadiyah berbagi makanan gratis kepada kaum dhuafa akan dilanjutkan dengan maksimal. Kerja sama ini menjadi sarana dalam upaya merajut ukhuwah islamiyah yang saat ini sudah mulai terkoyak, juga mengawali kontribusi kami bersama terhadap masalah umat dan bangsa." 

Pertemuan tersebut melupakan lanjutan dari agenda pada pagi harinya. Drs. H. Syafruddin, M.Si, Ketua Harian Dewan Masjid Indonesia (DMI) menerima kunjungan rombongan Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah. 



Pada kesempatan itu, Syafruddin memuji sikap Pemuda Muhammadiyah yang berada di tengah dalam percaturan politik nasional. Pejabat Menpan RB tersebut menyinggung kemajuan Indonesia sebagai peradaban Islam yang sedang bersemi.

"Peran organisasi Islam sangat sentral dalam proses peradaban Islam baru yang terjadi saat ini, untuk itu kita harus ikut berpartisipasi agar Islam semakin dihormati dan berperan positif bagi dunia," kata Syafruddin.

Selain menyemangati Pemuda Muhammadiyah supaya siap menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0, Syafruddin juga menjelaskan program pemberdayaan ekonomi DMI yang digagas oleh remaja masjid. "DMI mendorong generasi muda untuk melakukan pemberdayaan ekonomi berbasis masjid. Mereka para pemuda yang memiliki jiwa entrepreneur tersebut kita kumpulkan dalam ISYEF," ujarnya. 

Sebagaimana diketahui ISYEF (Indonesian Islamic Youth Economic Forum) berisikan anak muda yang antuasias dalam membangun ekonomi umat Islam dan bangsa Indonesia. (MS)

Comments

Signin Signup