Aturan Bagasi Berbayar yang Memberatkan Penumpang

716 Views

Naiknya biaya operasional pesawat tentu membuat maskapai megap- megap dalam menanggung beban operasional tersebut. Hal ini membuat maskapai mencari solusi yang cukup dilematis dengan menaikan harga tiket dan menerapkan kebijakan bagasi berbayar.

Meski ditentang oleh banyak pihak termasuk Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI, Tulus Abadi, yang menilai penghapusan bagasi gratis oleh dua maskapai Lion Group, yakni Lion Air dan Wings Air tidak akan efisien dan hanya menambah beban bagi penumpang. Kebijakan tersebut berpotensi menimbulkan antrian di bandara terutama saat melakukan check in.

Tulus juga menambahkan, kebijakan ini sangat kontra produktif karena bisa saja membuat penumpang berpindah haluan ke maskapai penerbangan lain karena alih- alih meringkan beban penumpang dengan harga tiket yang terjangkau, maskapai penerbangan malah menambah biaya penumpang untuk barang bawaannya. Selain itu, bagasi berbayar bisa menjadi akal bulus maskapai penerbangan untuk mendapatkan keutungan lebih dan membuat tarif batas atas naik. Maka dari itu perlu adanya pengawasan dari pemerintah mengenai tarif yang ditentukan bagi bagasi berbayar.

Selanjutnya disini yaa

Comments

Signin Signup