Bagasi Pesawat Berbayar Semakin Memberatkan Penumpang

Views

maskpai penerbangan berbiaya rendah yang tergabug ke dalam Lion Group memutuskan untuk menghilangkan layanan bagasi gratis kepada seluruh penumpang pesawat terbang mereka. Keputusan Lion Group ini kemudian menimbulkan ketidaksetujuan bagi banyak pengguna dua maskapai low cost carrier tersebut yang menilai kebijakan bagasi berbayar tidak hanya memberatkan penumpang, tetapi juga tidak adil.


Layanan Lion Air dan Wings Air dianggap masih jauh di bawah standar maskapai penerbangan berbiaya rendah lainnya, seperti Air Asia dan Citilink, oleh karena itu kebijakan bagasi berbayar dianggap merugikan konsumen. Karena sebelumnya Lion Air menggratiskan bagasi para penumpang yang menaiki pesawat mereka hingga 20 kg. Sementara, untuk Wings Air, per penumpang mendapat bagasi cuma-cuma 10 Kg. Lion Air memberi batasan kuota bagi penumpang yang ingin melakukan pembelian bagasi yaitu maksimal 30 kg per penumpang.


Lion Air dan Wings Air masih memberlakukan ketentuan dimensi barang yang bisa masuk ke kabin tidak boleh lebih panjang 40 sentimeter (cm), lebar 30 cm, dan tinggi 20 cm dengan beban barang bawaan tidak boleh leboh dari 7 kg.


Tahun 2019 diramal bakal menjadi tahun yang sulit untuk industri penerbangan Indonesia. Beberapa operator maskapai penerbangan terutama yang tergabung ke dalam dua grup besar yang menguasai pangsa pasar Indonesia, Garuda Group dan Lion Group, sampai hari enggan menurunkan harga tiket ke harga semual sebelum peak season tahun 2018 kemarin.


Hal ini membuat pemerintah kocar- kacir mencari solusi agar harga tiket pesawat bisa turun kembali ke posisi semula. Bahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bingung dengan harga tiket pesawat yang tinggi. Meski mengerti bahwa maskapai penerbangan sedang dilanda kesusahan, tapi banyak konsumen juga yang merasa dirugikan dengan naiknya harga tiket pesawat terbang.


Naiknya biaya operasional pesawat tentu membuat maskapai megap- megap dalam menanggung beban operasional tersebut. Hal ini membuat maskapai mencari solusi yang cukup dilematis dengan menaikan harga tiket dan menerapkan kebijakan bagasi berbayar.

Selengkapnya disini ya

Comments

Signin Signup