Bisa Bahagia Dengan Gaji 3 Juta

Views

Jangan menunda-nunda untuk menyetorkan uang di rekening tabungan. Sebab, semakin lama ditunda, semakin besar pula peluang uang yang seharusnya ditabung itu akan terpakai untuk kebutuhan yang lain. Lalu, berapa besaran uang yang harus disisihkan untuk menabung, bila gaji hanya Rp3 juta?

Menabung Wajib Sebesar Rp. 600.000 Setiap Awal Bulan

Dalam pencatatan anggaran setiap bulannya, hitung besaran uang yang disisihkan untuk menabung sebanyak 20%. Artinya, dalam setiap bulannya, uang dari gaji yang ditabung sebesar Rp 600.000.

Menganggarkan Sebasar Rp. 900.000 perbulan Untuk Pemenuhan Kebutuhan Harian.

Rumus untuk menganggarkan kebutuhan sehari-hari adalah 30% dari gaji, bila pendapatan setiap bulannya itu memang pas-pasan. Bila gaji Rp4 juta per bulan, maka kebutuhan sehari-hari yang harus dianggarkan adalah Rp. 900.000. Anggaran sehari-hari tersebut sudah mencakup untuk memenuhi kebutuhan makan-minum, transportasi, dan lainnya. Bila jumlah tersebut terkesan kecil untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka kita perlu melakukan evaluasi atau mengubah gaya hidup.

Menyisihkan Dana Sebesar Rp. 450.000 Untuk Pengembangan Diri

Besaran ideal pengembangan diri setiap orang tentu berbeda-beda, tergantung bentuk dari yang diambil untuk mengembangkan dan menggali potensi diri itu sendiri. Namun, bila memang gaji kita memang pas-pasan, tetap bisa melakukan pengembangan diri sesuai dengan bujet yang ada. Normalnya, dana untuk pengembangan diri sebesar 15% dari jumlah penghasilan tiap bulannya. Bila gaji itu hanya Rp4 juta per bulan, maka uang pengembangan diri yang harus dianggarkan sebesar Rp. 4500.000. Ada banyak bentuk pengembangan diri yang ada di luar sana.

 

Menganggarkan Rp. 300.000 Untuk Bersosialisasi

Setiap manusia pasti membutuhkan yang namanya bersosialisasi, yakni berinteraksi dengan orang lain, baik itu sekedar bersenang-senang dengan teman-teman lama, maupun untuk memperoleh teman teman baru dan menjaga relationship.

Bagi yang berpenghasilan Rp3 juta saja, kamu tetap bisa bersosialisasi dengan sahabat. Bujet yang diperlukan setidaknya 10% dari gaji, yaitu Rp. 300.000 setiap bulannya. Nikmati hidup kamu dengan kebersamaan bersama orang-orang di sekitar.

Menyisihkan Rp. 450.000 Untuk Liburan Akhir Tahun

Dana liburan sebesar itu memang relatif kecil. Namun bukan berarti kita tidak bisa menikmati waktu liburan dengan dana sebesar itu. Liburan tidak harus mahal. Ada banyak tempat untuk kita bersantai menikmati hidup ke suatu tempat yang tidak membutuhkan dana mahal.

Syaratnya, kamu harus rela tidak menggunakan dana liburan yang disisihkan setia lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup