Cara Cepat Hamil Setelah Melakukan KB

Views

Ada dua faktor penting yang menentukan seorang wanita akan lambat atau cepat hamil setelah KB. Faktor pertama adalah kondisi tubuhnya, dan yang kedua adalah metode KB yang digunakan.

Beragam Hambatan Kehamilan Setelah KB

Salah satu kondisi yang bisa menghambat kehamilan Anda setelah KB adalah usia. Wanita berusia di atas 40 tahun akan lebih sulit hamil, karena kualitas maupun jumlah sel telurnya sudah menurun seiring bertambahnya usia.

Selain itu, sejumlah gangguan kesehatan atau gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menghambat kehamilan setelah KB, misalnya menderita penyakit tertentu atau haidnya tidak lancar. Kondisi-kondisi ini akan menyebabkan penurunan tingkat kesuburan.

Faktor yang tidak kalah penting dalam menentukan cepat lambatnya hamil setelah KB adalah jenis KB yang digunakan. Beberapa jenis KB memiliki efek kontrasepsi yang lebih panjang, sehingga setelah penggunaannya dihentikan pun, efeknya masih ada hingga beberapa waktu.

Ketahui Beragam Cara Cepat Hamil Setelah KB

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk kembali hamil adalah segera melepas alat kontrasepsi dan menghentikan pemakaian KB dalam bentuk apa pun. Jika Anda menggunakan KB dalam bentuk suntik, hentikanlah suntik KB sejak 9 bulan sebelum merencanakan kehamilan.

Pada KB hormonal, seperti pil dan suntik KB, mungkin diperlukan beberapa kali siklus haid sebelum penggunanya bisa hamil. Walau demikian, ini bukanlah suatu hal yang mutlak, karena sebenarnya ketika penggunaan kontrasepsi dihentikan, wanita usia subur bisa hamil kapan saja. Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup