Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Views

Mual di masa awal kehamilan, terutama di pagi hari, adalah hal yang sangat umum dan normal. Sebagian ibu hamil dapat mengatasinya dengan baik, sementara beberapa yang lain dapat mengalami mual dan muntah parah hingga sangat mengganggu tak hanya secara fisik, tapi juga emosional.

Tingginya kadar estrogen membuat ibu hamil lebih sensitif terhadap aroma tertentu yang dapat membuatnya mual. Di samping itu, saat perut kosong, asam dalam lambung mulai menyebabkan iritasi pada dinding lambung sehingga memicu mual.

Cara Mudah Mengatasi Mual saat Hamil

Diperlukan strategi khusus sebagai cara mengatasi mual saat hamil seperti di bawah ini.

Mengatur makanan dan minuman

  • Daripada makan dalam porsi besar sesekali, lebih baik konsumsi makanan dalam porsi kecil tapi lebih sering, terutama yang kaya karbohidrat dan rendah lemak seperti roti bakar dan Lebih baik pilih makanan yang kurang manis dan pedas.
  • Konsumsi cukup cairan untuk mencegah muntah. Namun, hindari minuman manis, dingin, dan yang rasanya terlalu tajam.
  • Hindari makanan atau minuman yang aromanya membuat mual. Lebih baik hindari makanan panas yang seringkali beraroma lebih menyengat dibanding makanan dingin.
  • Jika Anda memasak sendiri, pilih cara pengolahan makanan yang lebih mudah disiapkan dan tidak berminyak. Jika memungkinkan, minta bantuan orang lain untuk melakukan hal yang membuat Anda mual, seperti memasak.
  • Tetap sediakan makanan-makanan yang mudah dan nyaman Anda konsumsi seperti kacang-kacangan, produk olahan susu, dan
  • Jika perlu, buat catatan berisi daftar makanan yang membuat Anda merasa mual dan yang membuat nyaman. Ini akan memudahkan Anda untuk merencanakan menu makanan.
  • Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup