Indonesia Menuju Lima Besar Dunia. (II)

282 Views
Indonesia sebagai bangsa besar menyongsong tahun 2045, ada sejumlah potensi yang dimiliki populasi 319 juta jiwa, ekonomi ke lima terbesar di dunia, 47% penduduk Indonesia masuk usia produktif dengan 70% kelas menengah dan pendapatan perkapitanya US$23.199 (yang ini masih belum paham, lupa lupa ingat, dulu waktu masih diajar beliau sering banget bahas yang gini di ekonomi makro).

Sementara itu, lanjut beliau, untuk menjadi lima besar dunia setidaknya ada 6 syarat yang harus dipenuhi : 
  1. Infratruktur yang layak.
  2. Penguatan kualitas SDM.
  3. Pengayaan Inovasi dan teknologi.
  4. Birokrasi pemerintah  yang efesien.
  5. Tata ruang wilayah yang baik
  6. Sumber daya ekonomi dan keuangan.

Dan untuk.mendorong produktivitas daya saing bangsa diperlukan penguatan belanja yang berkualitas, pengendalian resiko APBN yang sehat dan berkelanjutan.

Indonesia sendiri pada saat ini merupakan negara dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) terbesar di ASEAN. Namun pasar keuangan kita termasuk yang kecil, hal ini karena rendahnya literasi keuangan yang menjadi salah satu permasalahan. 

Makanya ibu Menkeu ini dengan kementriannya selalu terus mengenalkan instrumen keuangan lainnya, mulai dari tabungan, deposito, reksadana, sukuk dan lainnya. Maksudnya agar masyarakat paham dan tidak ragu untuk menggunakannya. Tapi hal ini juga harus didukung dengan payung hukum yang kuat dan keseriusan aparat untuk menindak investasi nakal, tidak jelas yang selama ini kerap hadir dan mengganggu di masayarakat.


Comments

Signin Signup