Jaga Mata Dengan Pencahayaan Yang Baik

1031 Views

Tanpa cahaya, manusia tidak bisa melihat. Baik itu yang alami seperti matahari atau dari lampu, pancaran cahaya akan memantul pada permukaan benda. Jika benda tersebut termasuk dalam area pandang kita, pantulan cahayanya akan memasuki mata kita dengan terlebih dahulu melewati kornea yang ada pada mata.

Kornea adalah lapisan bening berbentuk kubah yang menutupi bagian terdepan mata. Lapisan bening ini membantu memfokuskan cahaya. Setelah dari kornea, seberapa banyak cahaya yang masuk ke mata lebih dalam akan dikendalikan oleh iris. Untuk melakukan itu, iris akan mengecil atau membesar untuk mengubah ukuran pupil.

Kemudian sinar tersebut akan ditangkap oleh lensa mata guna diteruskan hingga ke retina yang ada di belakang mata. Lensa mata dapat menyesuaikan bentuknya tergantung dari apakah cahaya tersebut memantul dekat atau jauh dari jarak pandang kita. Nah, di dalam retina ada sejumlah sel khusus bernama photoreceptor yang mengubah cahaya menjadi sinyal listrik. Sinyal-sinyal listrik ini akan berjalan dari mata ke otak lewat jalur saraf optik untuk diterjemahkan sebagai gambar dari objek yang kita lihat.

Selengkapnya disini ya

Comments

Signin Signup