Kenalan Dengan Vitamin K

Views

Sumber utama vitamin K adalah sayuran dan buah-buahan. Jenis sayuran yang mengandung vitamin K antara lain kangkung, bayam, brokoli, lobak, sawi, dan kubis. Sedangkan beberapa jenis buah yang mengandung vitamin K adalah alpukat, buah ara, kiwi, delima, dan anggur.


Meski tidak sebanyak di dalam sayuran, vitamin K juga dapat ditemukan di ikan, daging, hati, serta kuning telur. Fungsi utama vitamin K adalah membantu proses pembekuan darah. Bila tubuh kekurangan vitamin K, darah akan sulit membeku. Akibatnya, orang yang kekurangan vitamin K akan mudah mengalami perdarahan. Kekurangan vitamin K lebih sering dialami oleh bayi baru lahir dibanding orang dewasa.


Apa Itu Vitamin K?





























Golongan Vitamin
Kategori Obat bebas dan resep
Manfaat Mengatasi kekurangan vitamin K pada bayi baru lahir dan mengatasi perdarahan akibat kelebihan obat antikoagulan.
Digunakan oleh Dewasa
Vitamin K untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Suplemen ini hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.Belum diketahui apakah vitamin K dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan suplemen ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.
Bentuk obat Tablet, injeksi.

Peringatan Sebelum Menggunakan Vitamin K:



  • Jangan menggunakan obat ini jika memiliki riwayat alergi dengan obat ini.

  • Beri tahu dokter bila Anda memiliki riwayat cystic fibrosis atau gangguan pankreas, diare kronis, gangguan kandung kemih, gangguan pencernaandefisiensi glucose-6-phosphate dehydrogenase (G6PD), serta penyakit hati, sebelum menggunakan vitamin K.

  • Hati-hati menggunakan vitamin K pada orang yang memiliki katup jantung mekanis, dan orang lanjut usia.

  • Beri tahu dokter dan periksakan secara rutin kadar gula darah Anda bila menderita diabetes.
  • Selanjutnya disini yaa

Comments

Signin Signup