Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Kehormatan Charge D’ Affaires Dubes Amerika Serikat

569 Views

Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Kehormatan Charge D’ Affaires Dubes Amerika Serikat


Jakarta, 06 Mei 2020 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard),-Charge d’ Affaires Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia (Plt. Duta Besar AS) Mrs. Heather Variava  mengadakan kunjungan kehormatan (courtessy call) kepada Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos. M.M., di Markas Besar Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (06/5/2020).

Kedatangan Charge d’ Affaires Duta Besar AS Mrs. Heather Variava yang didampingi Political Officer Kedubes AS Eugene Ford, Liaison Officer Kedubes AS bidang hubungan Bakamla dan US Coast Guard Letkol US Marine Corps Kathryn Paik, serta beberapa staf Kedubes AS, diterima dengan hangat oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. beserta para pejabat utama Bakamla RI.

Kunjungan Mrs. Heather Variava ini selain untuk bersilaturahmi memperkenalkan diri  selaku Plt. Dubes AS untuk Indonesia, juga mengadakan pembicaraan strategis tentang penguatan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik khususnya antara Bakamla RI dengan US Coast Guard.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa saat ini Bakamla RI selain fokus melaksanakan operasi kamla juga tengah menitik beratkan pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). “Bila pandemi Covid-19 ini berakhir kami siap untuk melanjutkan pengiriman personel kami guna mengikuti berbagai pelatihan di Amerika Serikat,” kata Kepala Bakamla RI saat menjawab tawaran peningkatan SDM Bakamla RI di USCG AS dari Charge d’ Affaires Mrs. Heather Variava. Dalam kesempatan tersebut Mrs. Heather Variava juga menyampaikan undangan Komandan US Coast Guard Admiral Karl L. Schultz kepada Kepala Bakamla RI untuk berkunjung ke Amerika Serikat.

Sejak ditandatanganinya Work Plan pada tahun 2017 lalu hingga saat ini Bakamla RI dan US Coast Guard telah melaksanakan sejumlah kerja sama yang memprioritaskan pada peningkatan kapasitas di bidang keselamatan maritim, keamanan, penegakan hukum, dan perlindungan lingkungan dengan titik berat kepada pengelolaan organisasi yang efisien, kapasitas sumber daya manusia, dan sejumlah keterampilan teknis.

Khusus dalam pengembangan kapasitas SDM telah dilaksanaan pelatihan dasar dan lanjutan bagi personel Bakamla RI di pusat pelatihan USCG di AS, diantaranya untuk pelatihan: Boatswain Mate, Damage Controlman, Machinery Technician, Electrician Mate, Maritime Law Enforcement Specialist,  Gunner’s Mate, Intelligence Specialist, Healt Service Technician/Medical Specialist/Corpsman, Information System, Storekeeper, Culinary Specialist, Yeoman, dan Penyelam.

Kerja sama lainnya antara Bakamla RI dengan USCG yang telah dilaksanakan, yaitu  pembentukan sebuah Maritime Security Training Center atau Unit Pendidikan dan Latihan Keamanan Laut di Batam, dalam Kantor Zona Maritim Barat Bakamla RI dan Pangkalan Bakamla RI di Barelang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Turut mendampingi Kepala Bakamla dalam penerimaan kunjungan tersebut, Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Nursyawal Embun, Direktur Kerja Sama Kolonel Bakamla Retiono Kunto, Direktur Strategi Laksma Bakamla Sandy M. Latief, Direktur Kebijakan Laksma Samuel Kowaas, dan Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama. Baca Selengkapnya.https://kaksumiyati.blogspot.com/2020/05/kepala-bakamla-ri-terima-kunjungan.html?m=1

Comments

Signin Signup