Mencuci Tangan Dengan Benar

720 Views

Tangan bisa menyimpan banyak kuman seperti salmonela, E.coli dan norovirus. Kuman tersebut didapatkan ketika Kamu pergi ke toilet, mengganti popok bayi, mengolah daging mentah, berjabat tangan dengan orang lain atau bersentuhan dengan sumber kuman, misalnya sampah atau tinja.

Bagaimana Cara Mencuci Tangan Dengan Benar?

Mencuci tangan sebaiknya dilakukan saat menyiapkan makanan dan sebelum makan. Demikian pula, cuci tangan harus dilakukan sebelum mengonsumsi obat, menggunakan lensa kontak, setelah buang air atau mengganti popok bayi, setelah menyentuh binatang peliharaan, merawat luka dan membuang sampah.

Seperti ini cara mencuci tangan yang benar untuk meminimalisir kuman dan atau kotoran yang dapat menyebabkan penyakit :

  • Basuh tangan dengan air, boleh memakai air hangat atau dingin.
  • Tuang sabun ke telapak tangan. Tidak perlu menggunakan sabun khusus. Sabun biasa dan sabun antibakteri sama saja manfaatnya.
  • Gosok kedua telapak tangan hingga berbusa. Pastikan seluruh bagian tangan terkena sabun, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Lakukan setidaknya selama 20 detik.
  • Bilas tangan hingga bersih dari sisa sabun dan kotoran, kemudian keringkan menggunakan tisu atau handuk bersih.
  • Tutup keran menggunakan tisu toilet atau handuk agar kuman tidak menempel pada tangan Kamu yang sudah bersih.

Jika sulit menemukan air dan sabun, Kamu bisa membersihkan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer. Tuangkan cairan ke telapak tangan secukupnya. Usapkan pada seluruh bagian tangan hingga cairan mengering. Pastikan produk yang digunakan mengandung kadar alkohol setidaknya 60 persen. Namun, sebaiknya cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun jika kondisi tangan dalam keadaan sangat kotor.

Hindari Kesalahan Saat Mencuci Tangan

Biasanya, tanpa disadari, Kamu sering melakukan kesalahan saat mencuci tangan seperti:

  • Tidak menggunakan sabun

Mencuci tangan dengan air saja rupanya tidak cukup karena air tidak dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan. Untuk menghilangkan kuman dan bakteri, perlu mencuci tangan menggunakan sabun. Disarankan untuk menggunakan sabun berbentuk cair dibandingkan sabun batangan karena sabun batangan lebih mudah untuk terkontaminasi.

  • Langsung membilas dengan air

Jangan langsung membilas tangan yang telah diberi sabun. Setidaknya, beri waktu sekitar 20-30 detik menggosok bagian punggung tangan, telapak dan sela-sela jari kuku dengan baik.

Comments

Signin Signup