Mengatasi Nyeri Vagina Pada Ibu Hamil

Views

Ada banyak perubahan yang dialami saat hamil, sehingga menimbulkan beragam keluhan, termasuk nyeri vagina. Meski tidak nyaman, ibu hamil tak perlu khawatir karena sebenarnya hal ini masih terbilang normal.

Berbagai Penyebab Nyeri Vagina Saat Hamil

Nyeri vagina bisa disebabkan oleh berbagai hal. Berikut di antaranya:

  • Janin yang berkembang

Sejak memasuki kehamilan trimester pertama hingga trimester ketiga, rasa nyeri di bagian sekitar vagina dan panggul bisa saja kamu rasakan. Rasa nyeri yang muncul selama periode ini disebabkan oleh janin dan rahim yang terus berkembang, sehingga memenuhi rongga perut dan menyebabkan tekanan pada vagina. Jika ini disebabkan oleh hal tersebut, tak ada yang perlu dikhawatirkan karena ini merupakan hal umum yang akan dialami oleh wanita hamil.

  • Infeksi vagina

Kehamilan dapat membuat wanita lebih rentan terkena infeksi, termasuk infeksi vagina yang menimbulkan peradangan pada vagina (vaginitis). Pada kondisi ini, jaringan vagina yang meradang dapat menimbulkan keluhan berupa rasa nyeri atau perih.

  • Vagina kering

Meski jarang terjadi, perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan vagina menjadi kering. Jika kondisi vagina kering, kamu bisa saja merasakan nyeri pada area vagina. Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup