Mengenal Ciri-Ciri Ketuban Pecah Dini

Views

Ketuban pecah dini atau premature rupture of membranes (PROM) adalah kondisi di mana kantung ketuban pecah sebelum waktu persalinan dimulai. Kondisi ini dapat terjadi baik sebelum janin matang dalam kandungan (sebelum minggu ke-37 masa kehamilan), maupun setelah janin matang.

Semakin awal terjadinya pecah ketuban pada masa kehamilan, maka semakin serius kondisi tersebut. Tanda bahaya kehamilan ini perlu ditangani sesegera mungkin untuk menghindari terjadinya komplikasi pada ibu dan calon bayi.

Ciri-Ciri Ketuban Pecah Dini

Ibu hamil akan merasakan air ketuban yang keluar dari vagina ketika ketuban pecah. Air yang keluar ini dapat mengalir secara perlahan atau keluar dengan deras. Berbeda dengan urine, bocornya air ketuban tidak dapat ditahan sehingga akan tetap mengalir keluar walaupun sudah berusaha menahannya.

Untuk lebih memastikan apakah cairan tersebut urine atau air ketuban, Anda dapat menggunakan pembalut untuk menyerap cairan yang keluar. Selanjutnya lihat dan cium bau pembalut tersebut. Air ketuban memiliki ciri-ciri tidak berwarna dan tidak berbau pesing seperti urine, tetapi cenderung berbau manis.

Selain bocornya air ketuban, ketuban pecah dini dapat disertai dengan beberapa gejala berikut:

  • Panggul terasa tertekan.
  • Keputihan atau vagina terasa lebih basah daripada biasanya.
  • Perdarahan melalui vagina.
  • Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup