Mengenal Dr. Soetomo "Jiwa Pergerakan Yang Tak Pernah Padam".

Views
Dalam salah satu bagian buku ini, dr. Wahidin Soedirohoesodo berujar sebagai dokter ia merasa tidak berguna bagi kemajuan bangsanya.  Bangsa ini tetap terlelap dalam impian kacau tapi indah. Sebagai dokter ia  tidak bisa hanya menyembuhkan luka pada pasien tapi juga harus menyembuhkan luka sebuah bangsa yang sedang sakit. Ini lah cikal bakal setelah 30 tahun menjadi dokter dr. Wahidin berkecimpung dalam sebuah organisasi. 

Nah dr. Wahidin ini salah satu tokoh yang menginspirasi bagi Dr. Soetomo agar mendirikan sebuah organisasi. Sementara orang Tiongkok sudah berorganisasi sejak tahun 1900 Tiong Hoa Hwee Koan (THKK) dan orang Arab sudah mendirikan Sumatra Batavia Alkhairah pada tahun 1902.

Di awal halaman jadi tahu bahwa sebenarnya nama pertama dr. Soetomo itu ada Soebroto karena nama itu digunakan untuk masuk sekolah dan ditolak maka Soebroto mendaftar kembali dengan nama Soetomo dan (anehnya) lolos. 

Tepat pada tanggal 20 Mei 1908 rapat pembentukan organisasi Boedi Oetomo disalah satu ruangan kelas STOVIA. Baru pada tanggal 5 Oktober 1908 Boedi Oetomo menyelenggarakan kongres mereka yang pertama dan menentukan susunan kepengurusan. Bahkan Tjipto Mangoenkusumo yang berprofesi dokter di Demak ikut membidani lahirnya organisasi ini. 

Comments

Signin Signup