Menjaga Kehamilan Untuk Ibu Muda

Views

Ibu hamil muda dianggap berada dalam kondisi rawan karena berbagai perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Pada trimester pertama kehamilan, ada banyak pantangan ibu hamil muda yang sebaiknya tidak diabaikan demi menjaga kesehatan ibu dan janin.

Kehamilan adalah hal yang personal bagi tiap ibu, sehingga apa yang menjadi pantangan ibu hamil muda sebenarnya dapat berbeda-beda tergantung pada tubuh masing-masing. Meski begitu, setidaknya seorang ibu harus memiliki panduan mengenai hal-hal apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan di masa kehamilan, terutama di trimester pertama.

Merokok dan Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Merokok bukan hanya menjadi pantangan ibu hamil muda, tapi pada wanita kondisi apa pun. Risiko bayi lahir prematur, keguguran, hambatan pertumbuhan janin, terlahir cacat, dan gangguan plasenta, akan meningkat pada wanita perokok. Meski tidak merokok, sebaiknya hindari diri dari paparan asap rokok, dengan kata lain, hindari menjadi perokok pasif. Asap rokok yang terhirup ibu hamil meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan di bawah normal.

Selain itu, tiga bulan pertama masa hamil adalah periode rawan bagi seorang ibu hamil terkait dengan minuman yang dikonsumsi. Hindari minuman keras karena dapat meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil. Ibu hamil yang mengonsumsi minuman beralkohol juga berisiko tinggi melahirkan bayi dengan penyakit bawaan atau cacat lahir.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman Berkafein

Dua cangkir kopi instan atau setara dengan 200 mg kafein per hari merupakan batas maksimal yang dapat dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Namun, bila Anda meminum jenis brewed coffee, hanya diperbolehkan secangkir dalam sehari. Selain kopi, waspadai juga kandungan kafein di dalam cokelat, minuman berenergi, minuman soda, dan teh.

Dua cangkir kopi instan atau setara dengan 200 mg kafein per hari merupakan batas maksimal yang dapat dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Namun, bila Anda meminum jenis brewed coffee, hanya diperbolehkan secangkir dalam sehari. Selain kopi, waspadai juga kandungan kafein di dalam cokelat, minuman berenergi, minuman soda, dan teh. Konsumsi kafein berlebihan pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup