Menteri PUPR Tinjau Langsung Progres Pembangunan Tol Serpong-Balaraja di BSD City

992 Views


(Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR), Basuki Hadimuljono pagi ini mendatangi lokasi pembangunan proyek jalan tol Serbaraja. Proyek jalan tol ini akan menghubungkan area Serpong dan Balaraja yang berada di Kabupaten Tangerang. Proyek tol ini dicetuskan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang dan diprakarsai oleh Sinar Mas Land pada 2012. Menteri PUPR disambut oleh Michael Widjaja – Group CEO Sinar Mas Land dan Saleh Husin – Managing Director President Office Sinar Mas serta Ahmed Zaki Iskandar – Bupati Tangerang.)




Pembangunan tol Serpong - Balaraja (Serbaraja) yang digarap oleh kerja sama Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja dan PT Wijaya Karya Tbk selaku kontraktor pembangunan jalan tol hari ini menerima kunjungan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Proyek jalan tol ini akan menghubungkan area Serpong dan Balaraja yang berada di Kabupaten Tangerang.

 

Ruas tol ini diharapkan dapat mengakomodasi perkembangan wilayah Kabupaten Tangerang, khususnya kawasan BSD City dan sekitarnya. Dalam transformasi BSD City sebagai the first integrated smart digital city, Sinar Mas Land mengedepankan aspek mobilitas yang akan memudahkan pergerakan dan transportasi masyarakat. Hal ini dihadirkan melalui berbagai pengembangan dan perbaikan jalan, serta kemudahan berlalu lintas yang diawasi secara real-time dan digital melalui Command Centre BSD City. BSD City menyediakan fasilitas terbaik bagi warga dengan akses jalan tol dan infrstruktur dalam kawasan yang baik. Hal ini turut didukung dengan keberagaman fasilitas transportasi publik yang tersedia di BSD City, mulai dari kereta listrik Commuter Line untuk perjalanan lintas kota/area, hingga layanan shuttle bus gratis BSD Link yang menghubungkan landmarks di BSD City. Dalam kawasan tertentu seperti BSD Green Office Park, transportasi jarak pendek juga dilengkapi dengan Grab Wheels, layanan electronic scooter satu-satunya di Indonesia. Hal ini menjadikan BSD City kawasan yang unggul, baik untuk hunian, maupun untuk komersial.



(Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang menerangkan rencana pembangunan jalan tol serbaraja. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia – Basuki Hadimuljono menyatakan, pembangunan Jalan Tol Serbaraja merupakan salah satu contoh jalan tol yang diinisiasi oleh pihak swasta untuk mendukung program pemerintah dalam pembangunan jaringan jalan. “Jalan tol ini sepenuhnya dilaksanakan dengan skema investasi dan prakarsanya dari investor. Konstruksi seluruhnya direncanakan rampung pda 2024. Untuk Seksi 1 sekitar 10 km direncanakan selesai pada 2021 karena sebagian besar lahan dimiliki investor, sehingga proses konstruksi bisa berjalan lancar,” katanya. Pembangunan tol Serpong-Balaraja sepanjang 39.8 km dibagi dalam tiga seksi; BSD City-Legok (11.3 km), Legok-Tigaraksa Selatan (10.7 km) dan Tigaraksa Selatan-Balaraja (17,8 km). Proses konstruksi proyek jalan tol telah dimulai sejak Juli 2019.)

Comments

Signin Signup