Optimalkan Pendapatan Gaji 5 Juta

Views

Apakah bisa menciptakan merdeka keuangan dengan gaji yang diterima setiap bulan sebesar Rp 5 juta rupiah?

Untuk menciptakan merdeka finansial bagi setiap kita, ternyata bukan seberapa besar gaji yang kita terima setiap bulan, tapi seberapa mahir anda mengelola keuangan. Dengan pengelolaan gaji yang benar, cepat atau lambat berbagai tujuan finansial pun bisa tercapai. Pengelolaan gaji yang seperti apa ya yang dapat membantu kita untuk mencapai kemerdekaan finansial? Simak ulasannya.

Alokasi Kebutuhan Bulanan

Langkah awal dalam mengelola penghasilan adalah dengan membuat alokasi kebutuhan. Ini untuk mempermudah kita dalam membagi pos keuangan. Ada banyak metode pengaturan keuangan yang bisa dicoba. Mulai dari metode 50-20-30, 10-20-30-40, dan sebagainya. Metode-metode tersebut umumnya membagi penghasilan ke dalam pos-pos keuangan dengan%tase tertentu. Misalnya, metode 50-20-30 membagi gaji jadi 50% kebutuhan pokok, 20% dana hiburan, dan 30% dana tabungan dan investasi.

Cara ini bisa dilakukan jika porsi keuangan kita sesuai dengan pembagian persentase tersebut. Faktanya, kebutuhan wajib bisa lebih atau bahkan kurang. Untuk itu, hitunglah dulu semua kebutuhan tiap bulannya.

Mulai dari anggaran makan, transportasi, pulsa, hingga biaya tempat tinggal (sewa atau cicilan KPR) hingga biaya lainnya. Idealnya dana kebutuhan pokok tidak lebih dari 50% penghasilan.

Jika ternyata dana yang kita miliki lebih dari itu, amatilah apa yang bisa dipangkas. Misalnya, biaya makan di luar bisa dipangkas dengan cara masak sendiri. Dengan alokasi 50% dan gaji Rp 5 juta, artinya biaya kebutuhan hidup sebesar Rp 2,5 juta.

Memiliki Proteksi Diri

Proteksi yang tepat menjadi sebuah hal yang diperlukan dalam mencapai merdeka finansial. Tanpa proteksi yang tepat, ada kemungkinan kita akan mengeluarkan biaya yang besar ketika kita sakit atau membutuhkan biaya rumah sakit. Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup