Penyebab Pusing Yang Mudah Dihindari Saat Hamil

Views

Pusing saat hamil biasanya bukan merupakan kondisi yang berbahaya, dan akan hilang seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun tetap saja, kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi sebagian wanita hamil.

Berbagai Penyebab Pusing saat Hamil

Berikut adalah beberapa kondisi atau kebiasaan yang dapat memicu pusing saat hamil:

  • Anemia
    Beberapa wanita hamil kerap mengalami anemia akibat kekurangan asupan zat besi. Hal ini menyebabkan sel darah merah yang membawa oksigen menuju otak dan organ lain menjadi lebih sedikit, sehingga memicu pusing saat hamil. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mendapatkan asupan zat besi yang cukup, terutama ketika memasuki trimester kedua dan ketiga. Jika perlu, konsumsi suplemen zat besi sesuai rekomendasi dokter.
  • Kurang energi
    Pusing saat hamil juga bisa menjadi pertanda tubuh memerlukan asupan energi. Terlambat makan sekitar 1-2 jam saja sudah bisa membuat ibu hamil pusing. Kondisi ini sering terjadi pada ibu hamil yang sulit makan atau minum karena mual muntah saat hamil. Untuk itu, selalu siapkan camilan yang menyehatkan sebagai pasokan energi. Selain itu, cobalah siasati dengan makan dalam porsi kecil namun sering untuk menghindari pusing saat hamil.
  • Dehidrasi
    Sebagaimana rasa lapar, dehidrasi juga dapat menyebabkan pusing saat hamil. Saat hamil, hormon kehamilan di dalam tubuh ibu akan membuat lebih banyak cairan yang dialirkan ke janin untuk menunjang kehidupan dan pembentukan organnya. Selain itu, hormon kehamilan juga menyebabkan tubuh Ibu lebih banyak berkeringat. Jika kebutuhan cairan ini tidak tercukupi, maka ibu hamil dapat mengalami dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi saat hamil, disarankan untuk minum air 10 gelas per hari, baju longgar, dan aktifkan pendingin ruangan.
  • Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup