Perubahan Normal Pada Mata Dan Penglihatan Saat Hamil

Views

Gangguan pada mata dapat berupa perubahan normal yang terjadi saat hamil, gangguan yang sudah ada sebelumnya tetapi memburuk saat hamil, atau komplikasi kehamilan yang berdampak pada mata.

Umumnya gangguan pada mata dan penglihatan ini akan menghilang setelah melahirkan, tetapi pada kasus tertentu, gangguan tersebut malah menetap.

Perubahan Normal pada Mata dan Penglihatan saat Hamil

Perubahan pada mata yang normal terjadi saat kehamilan antara lain adalah perubahan pada lapisan bening mata (kornea mata), perubahan tekanan dalam bola mata, atau perubahan pada jaringan sekitar bola mata (misalnya kelopak mata). Perubahan ini dapat mengakibatkan ibu hamil mengalami:

Rabun jauh

Miopi atau rabun jauh pada ibu hamil terjadi karena perubahan lengkung dan ketebalan kornea. Kondisi ini menyebabkan ibu hamil kesulitan melihat benda yang jauh, atau kacamata minusnya menjadi bertambah. Perubahan ini akan menghilang dalam beberapa hari sampai minggu setelah melahirkan.

Kelopak mata menghitam dan menonjol

Perubahan warna di sekitar mata dan pipi terjadi akibat adanya perubahan hormon. Sedangkan tonjolan pada kelopak mata terjadi akibat penumpukan cairan di dalam kelopak mata, terutama ketika mendekati persalinan.

Mata kering

Mata kering juga sering terjadi selama kehamilan, terutama pada ibu hamil yang menggunakan lensa kontak. Kondisi mata kering dapat diatasi dengan mudah, yaitu menggunakan obat tetes mata dari dokter.

Penyakit Mata yang Memburuk saat Hamil

Ada sejumlah penyakit yang berdampak pada mata dan penglihatan, dan kondisinya bisa memburuk saat hamil. Kondisi ini biasanya akan membaik setelah melahirkan, namun bisa juga menetap. Beberapa penyakit tersebut antara lain:

Diabetes

Wanita penderita diabetes, dengan atau tanpa gangguan pada mata (retinopati diabetik) sebelumnya, berisiko mengalami kerusakan retina ketika hamil. Kerusakan retina dapat terjadi terutama pada penderita diabetes yang gula darahnya tidak terkontrol.

Itulah sebabnya, penderita diabetes dianjurkan untuk memeriksakan matanya terlebih dahulu sebelum merencanakan kehamilan. Ibu hamil yang menderita diabetes juga perlu melakukan pemeriksaan mata secara rutin selama kehamilan. Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup