Pope Joan (Ketika Integritas Perempuan Dipertanyakan)

608 Views
“Jika ingin dapat bertahan hidup didunia ini, kau harus bersikap lebih sabar dengan mereka yang berada diatasmu.”

Akhirnya selesai juga membaca sebuah novel yang berjudul Pope Joan karya dari Donna Woolfolk Cross. Novel yang Cetakan pertamanya pada tahun 2007 dan diterjemahkan oleh FX. Dono Sunardi, bercerita tentang lika - liku hidup seorang gadis yang bernama Joan.

Dilahirkan dikeluarga yang miskin dan dilatarbelakangi kehidupan Katolik yang kental. Joan harus berjuang mati - matian dalam mempertahankan hidupnya semenjak dia di lahirkan. Manakala kehidupan pada saat tu mendiskreditkan perempuan sebagai mahluk yang tidak pantas untuk dihormati, perempuan sebagai jalan dosa dan stigma - stigma negatif lainnya tentang perempuan.  Berbeda dengan ke dua saudara laki - lakinya yang merupakan kebanggaan dari ayahnya.  Meskipun, di ceritakan ke dua saudara laki - lakinya tdak mampu menjadi seperti yang diimpikan ayahnya.
Mathew, kakak sulungnya banyak mengajarkan kepadanya  bagaimana cara membaca dan menulis, yang pada saat itu dilarang untuk diajarkan kepada anak perempuan. Dan dengan kemampuan yang luar biasa Joan mampu mengikuti setiap apa yang diajarkan kakaknya. Hingga akhirnya sang kakak meninggal dunia karena didera penyakit. Tinggalah Joan dengan kakak ke 2 yang bernama John. Dan tetap sang ayah merujuk John untuk memperdalam kemampuan menulis sehingga mampu menjadi seorang pelayan Tuhan seperti Ayahnya, dan ini merupakan sebuah kesulitan tersendiri yang amat sangat bagi John dan sebuah kemudahan bagi Joan.

Setelah mendapat Kunjungan dan pengajaran dari Aesculapius, membuat Joan muda semakin bersemangat untuk terus belajar dan belajar. Sehingga suatu saat dia dan John bisa dikirim ke sebuah sekolah untuk memperdalam pengetahuannnya.

Singkat cerita, terjadi penyerbuan kepada daerah yang ditinggali oleh Joan dan John, John pun meninggal dalam pertermpuran tersebut. Dan tidak ada yang selamat kecuali Joan pada saat itu. Lalu dengan melakukan penyamaran dengan menggunakan identitas kakaknya John. Akhirnya mampu membuat Joan menjadi seorang Paus. Alur cerita yang ditawarkan menarik, penuh kontroversi bahkan Romansa percintaan pun tersirat. Bagaimana Joan harus  tetap bertahan hidup dan melarikan diri dari Kuil (ketika dia sakit) agar identitas ke-perempuanannya tidak terbongkar.
Juga diceritakan Joan jatuh cinta dengan seorang Count Gerold, yang merupakan ayah angkat baginya di awal ketika dia berpindah ke sekolah barunya. Dan akhirnya Joan harus mengakui bahwa Count Gerold adalah pasangan jiwanya, kemanapun dia pergi, berapa tahun pun mereka berpisah, perasaan yang timbul diantara keduanya yang semula antara ayah dengan anak berubah menjadi Cinta sepasang kekasih yang tidak bisa dipisahkan dan mampu menjadikan mereka berdua sebuah tim yang solid dan saling mendukung.

Comments

Signin Signup