Seberapa Greget Tantangan Revolusi 4.0 !

744 Views
Seberapa Greget Tantangan Revolusi 4.0 !

Berbicara Revolusi 4.0 ini, sebenarnya saya sudah lama greget untuk kepo-in. Apalagi dengan sebuah profesi seorang guru, misalnya, tantangan 4.0 memang harus dihadapi dan dijalani dengan sebaiknya. Bahkan, bagi masyarakat umum, tantangan 4.0 ini juga harus dijalani dengan sebaiknya dan perlu dikuasai untuk dapat bertahan dalam kondisi kekinian. Eaaa...

Nah, seberapa greget sih 4.0 itu?

Di hari Sabtu, 4 Mei 2019 yang lalu, saya sempat menghadiri sebuah gathering ke kantor Tau dari Blogger (disingkat: TdB). Gathering tersebut membicarakan tentang tantangan 4.0 dengan pembicara keren yaitu mbak Fatmasari, seorang Senior Consultant dari The trategiest. 

Kondisi cuaca yang cukup panas menyengat di Tangerang Selatan tersebut, tepatnya di Bintaro Trade Centre (BTC) gathering pun berlangsung. Membicarakan industri 4.0 ini sebenarnya merupakan sebuah perluasan dan pembaharuan dari industri 1.0, 2.0, dan 3.0. 

Dahulu dikenal yang namanya mesin tik, lalu mengalami perubahan menjadi komputer yang sebesar satu ruangan rumah, lalu berevolusi kembali menjadi komputer dengan layar 14 inchi, terus berganti lagi menjadi layar datar untuk komputer, dan lahir kembali dengan adanya laptop, bahkan hingga kepada multifungsi bernama tab yang kecil. Begitupun dengan media komunikasi di awali dengan telepon, trus lahir sebuah telepon genggam, hingga lahirnya sebuah telepon cerdas (istilahnya smartphone). Bukan hanya itu sebenarnya, masih ada pula perubahan yang namanya mengirim surat melalui pos, hingga kepada mengirim surat melalui sms. Betapa begitu cepatnya sampai sebuah informasi dengan adanya dunia internet dan jaringan provider ini.

Nah, perubahan yang ada tersebut tentu saja berkaitan erat dengan kebermanfaatan yang ada pada alat-alat tersebut. Lalu, seberapa greget alat-alat tersebut untuk digunakan pada industri 4.0?

Comments

Signin Signup