Tips Agar Mahasiswa Bisa Menabung

Views

Mengatur keuangan dengan bijak menjadi salah satu cara yang dapat kita lakukan demi masa depan yang lebih baik. Meski terlihat sepele, masih banyak orang belum bisa mengatur keuangan dengan baik, sehingga berujung pada tumpukan utang yang membuat hidupnya susah berkepanjangan.

Salah satu faktor utamanya adalah, gaya hidup yang secara gak sadar membuat kantong jebol. Bahkan, gak sedikit orang yang rela utang sana-sini hanya demi memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka. Meski menyenangkan, kalau dipikir-pikir lagi hal itu hanya kesenangan sementara yang berujung pada kesengsaraan tak berkesudahan.

Karena itu, sebelum nyemplung lebih jauh lagi yang bisa membuat masa depan suram, kita disarankan untuk mulai mengatur keuangan sejak dini. Apalagi jika kita masih berstatus mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan anak kuliahan yang sedang menuntut ilmu di jenjang perguruan tinggi mengatur keuangan sangat diperlukan agar bisa bertahan.

Meski belum memiliki penghasilan sendiri dan hanya mengandalkan uang saku dari orangtua, bukan berarti kamu gak bisa menabung dan berinvestasi ya. Lalu, bagaimana caranya? 

Membuat Pos Anggaran Bulanan

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah, melakukan pos-pos anggaran saat mendapatkan uang saku di awal bulan. Karena masih kuliah, untuk keperluan bulanan seperti sabun, sampo dan keperluan make up biasanya masih ditanggung sama orangtua. Nah, kamu bisa membagi-bagi uang sakunya untuk ongkos, makan, fotokopi dan keperluan lainnya.

Gimana kalau uang jajannya diberikan setiap hari, bukan bulanan atau mingguan? Tenang, bisa kok! . Kamu tetap harus membaginya untuk ongkos dan makan juga. Sisanya, bisa kamu masukkan celengan. Ya, kembali ke masa-masa kecil lagi.

Menghemat Ongkos Dan Uang Makan

Agar punya uang lebih, kamu harus bisa menghemat sendiri untuk ongkos dan makan. Bagaimana solusinya?

Kalau selama ini kamu mengeluarkan uang Rp 25 ribu setiap hari buat ongkos naik ojek online dan Rp 25 ribu untuk makan dan jajan, agar uangmu masih tersisa, salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mengurangi pengeluaran untuk dua hal tersebut.

Selengkapnya disini ya

Comments

Signin Signup