3 Hal Terkait Panduan Baru Pandemi Corona.

605 Views



Tulisan ini menjadi catatan saya pribadi terkait pandemi Covid 19 yang sedang berlangsung. 

Siap tidak siap kita harus menjalani kehidupan normal baru, new normal bahasa kerennya. 

3 hal penting yang menjadi catatan untuk selalu diingat dan dilakukan adalah
  1. Tetap lakukan physical distancing dan  social distancing, atau kalau di kendaraan filosofinya jaga jarak aman antar kendaraan. Yang sopir.... suaranya mana.
  2. Menggunakan masker ketika berada di ruang publik. Ini jika terpaksa sekali harus keluar rumah ya. 
  3. Sering-sering untuk mencuci tangan. Atau gunakan handsanitizer jika jauh dari air mengalir. 

Dan yang paling utama sebelum melakukan 3 hal diatas adalah BERDOA. Hello, sehebat-hebatnya kita, sebersih-bersihnya usaha yang sudah kita lakukan,  tetap memohon perlindungan kepada Tuhan YME adalah salah satu cara lain dan terutama untuk tetap dapat bertahan hidup melalui peningkatan hormon kekebalan tubuh yang pada akhirnya akan membuat badan tetap sehat dan pikiran tetap waras.

Terkait dengam nomor 2 penggunaan masker, seperti dikutip kompas(.)com, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam jumpa pers virtual dari Geneva, Swiss, Sabtu (6/6/2020) memberikan panduan terbarunya. 

Pertama, di wilayah dengan penyebaran Covid-19 yang luas, semua tenaga kesehatan, baik yang merawat pasien Covid-19 maupun tidak, harus menggunakan masker medis. Memang sich tidak dijelaskan cakupan penyebaran covid yang luas itu ukuran apa? Apakah ukuran korban meningga, terdampak atau penularan? Makanya kita harus memperhatikan informasi yang diberikan pemerintah setempat dan melaksanakan himbauan mereka.

Kedua, di daerah dengan transmisi lokal, penduduk berusia 60 tahun ke atas atau penduduk yang memiliki masalah kesehatan harus memakai masker medis jika pembatasan jarak fisik tidak memungkinkan untuk dilakukan. Karena usia 60 ke atas (lansia) sangat rentan terhadap pandemi yang sedang berlangsung ini.
Tapi intinya sebisa mungkin lakukan social distancing dan phyiscal distancing terlebih dahulu.

Ketiga, WHO merekomendasikan masyarakat umum yang tinggal di wilayah dengan penularan lokal yang luas untuk menggunakan masker kain jika pembatasan jarak fisik tidak memungkinkan dilakukan, seperti saat berada di sarana transportasi atau toko.

Terakhir adalah tetap menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan tubuh seperti mandi dua kali sehari (minimal) makan 3 kali sehari (4 sehat lima sempurna) dan sebisa mungkin berolahraga atau gerak badan jangan lupa berjemur juga 10-15 menit 2-3 kali seminggu. Terakhir jauhi begadang dahulu, usahakan tidur minimal 8 jam. 

Dan tetap berfikir positif semoga kita semua tetap sehat dan dijauhi dari Covid. Semoga Pandemi Covid 19 ini segera ditemukan vaksinnya dan segera berlalu dari bumi pertiwi Indonesia.... amin..amin..amin.

Salam Sehat Bang Iyus 

www.korneliusginting.web.id


Comments

Signin Signup