Gubernur DKI Jakarta Resmikan Nama Kereta MRT Jakarta

1284 Views
Jakarta, 10 Desember 2018. Hari ini, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan “Ratangga” sebagai nama kereta MRT Jakarta. Peresmian tersebut dilakukan di Depo Lebak Bulus setelah rombongan mengikuti perjalanan kereta dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia menuju Depo Lebak Bulus.  
 
Ratangga, yang berarti kereta perang tersebut berasal dari Bahasa Jawa Kuno yang dikutip dari kitab Arjuna Wijaya dan Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular. Kereta perang identik dengan kekuatan dan pejuang sehingga Ratangga dimaknai sebagai kendaraan tangguh dan kuat yang mengantarkan warga Jakarta dalam mobilitasnya sehari-hari.
 
Untuk fase 1 MRT Jakarta, telah tersedia enam belas rangkaian kereta di Depo Lebak Bulus dengan satu rangkaian terdiri dari enam kereta. Satu kereta berkapasitas hingga 200-300 penumpang sehingga satu rangkaian dapat mengangkut 1800 penumpang. Setiap hari kereta MRT Jakarta akan beroperasi melayani masyarakat dari pukul 05.00 hingga 24.00 WIB dan diperkirakan akan mengangkut penumpang sebanyak 130 ribu orang per hari. Hingga 30 November 2018 lalu, perkembangan pembangunan proyek MRT Jakarta fase 1 telah mencapai 97,52 persen dan ditargetkan untuk beroperasi pada Maret 2019 mendatang.    Hadirnya MRT Jakarta adalah terobosan baru bagi transportasi publik di kota ini. Tidak hanya akan meningkatkan mobilitas, MRT Jakarta juga akan memberikan manfaat tambahan, seperti perbaikan kualitas udara dan menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan, seiring dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat Jabodetabek yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.  (admin TDB)

Comments

Signin Signup