Apa Itu Lingkungan Hidup

701 Views

Di dalam kehidupan manusia ini tidak dapat berpisah dengan lingkungannya. Baik lingkungan sosial maupun lingkungan alam. Kita membutuhkan udara untuk bernapas di lingkungan sekitar. Saat kita minum, makan atau segala sesuatunya tentu membutuhkan lingkungan. Pada bahasan kali ini akan dikupas tentang makalah pengertian lingkungan hidup lengkap.

Pengertian Lingkungan

Pengertian lingkungan ialah semua sesuatunya yang terdapat di sekitar manusia yang berpengaruh terhadap kehidupan manusia baik secara langsung ataupun tidak langsung. Lingkungan dapat dibagi jadi lingkungan abiotic dan lingkungan biotik. Apabila kalian ada disekolah, bentuk dari lingkungan biotiknya berbentuk teman-teman sekolah, ibu bapak ibu guru dan karyawan. Sementara lingkungan abiotic berwujud udara, kursi, gedung sekolah, papan tulis, serta berbagai benda macam mari yang terdapat disekitar.

Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup diartikan sebagai kesatuan ruang pada seluruh benda serta sekelompok makhluk hidup, termasuk pula didalamnya manusia serta perilakunya yang berlangsung peri kehidupan serta kesejahteraan manusia dan hidup yang lain. Unsur-unsur lingkungan hidup serta dibagi jadi 3, yakni :

  • Unsur Hayati (Biotik)

Unsur hayati (biotik), yakni unsur lingkungan hidup yang terdiri atas makhluk hidup. Misalnya manusia, jasad renik, tumbuh-tumbuhan serta hewan. Apabila kalian ada dikebun sekolah, sehingga lingkungan hayatinya didominasi tumbuhan. Akan tetapi, bila kalian ada di dalam kelas, ini artinya dominan manusia atau teman-teman.

  • Unsur Fisik (Abiotic)

Unsur fisik (abiotic), yakni unsur lingkungan hidup yang terdiri atas benda-benda tak hidup, misalnya air, tanah, iklim, udara dll. Adanya lingkungan fisik paling besar perannya untuk kelangsungan hidup dalam segenap kehidupan di bumi.

Comments

Signin Signup