Mengenal Sedikit Tentang Banten Melalui Museum Negeri Banten.

Views
Ada banyak cara kita berkenalan dengan sebuah budaya, salah satu yang sederhana adalah berinteraksi dengan masyarakat sekitar dan mengunjungi museum mereka. Bertepatan kali ini tugas yang ke beberapa kali ke Serang, Banten. Alhasil  menyempatkan berkunjung ke Museum Negeri Banten. Dari luar museum  terlihat megah dan besar, siapa sangka hanya bagian kecil ruangan yang disisakan untuk menjadi museum, selebihnya masih dalam pemugaran untuk digunakan sebagai ruangan dinas pejabat (nantinya).

Sebenarnya miris mendengar ini, artinya akan ada sebuah masa ke depan dimana mengunjungi museum tidak menarik lagi. Ditambah karena semakin sedikitnya peran serta pemerintah setempat untuk mengenalkan budaya daerah kepada publik. Ya memang dari sisi profit, mengembangkan museum tidak menarik dan tidak akan memberikan keuntungan seperti ketika membuka sebuah entitas ekonomi. Ya wajar saja, kalau keberadaan museum semakin bergeser, semoga nanti ke depan museum tidak hanya menjadi sebuah cerita dan bacaan saja.

Setelah setidaknya 1 jam berkeliling ditemani Mas Irfan pemandu museum yang bersahaja, saya jadi sedikit tahu tentang sejarah Banten. Dan membuat jari penasaran untuk brosing di dumay tentang museum ini.

Comments

Signin Signup