Pentingnya Asupan Buah Dan Sayur Saat Hamil

Views

Begitu banyak variasi sayur dan buah yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Anda dapat mengonsumsinya secara bergantian tiap hari. Berbagai sayur dan buah untuk ibu hamil dapat membantu memenuhi berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan bagi perkembangan janin.

Nutrisi Penting yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

Selama hamil, Anda memerlukan nutrisi yang tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh Anda, tetapi juga dibutuhkan oleh janin di dalam kandungan. Nutrisi umum yang dibutuhkan ibu hamil yaitu protein, karbohidrat, lemak, juga vitamin dan mineral. Berikut ini adalah nutrisi penting lain yang Anda butuhkan selama kehamilan.

  • Asam folat
    Penelitian telah mengidentifikasi bahwa asam folat berperan dalam mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf. Fungsi lain dari zat ini adalah sebagai bahan penting yang digunakan dalam proses pembuatan DNA, memproduksi sinyal kimia di dalam sistem saraf, dan merangsang pembentukan sel darah merah.

Ibu hamil disarankan mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari. Ada juga yang menganjurkan 600-800 mikrogram. Tidak perlu takut terlalu banyak mengonsumsinya, sebab jumlah asam folat yang berlebihan akan dikeluarkan melalui urine. Selain sayuran hijau, pepaya merupakan salah satu buah untuk ibu hamil sebagai sumber asam folat yang tinggi. Selain dari makanan, ibu hamil dapat memperoleh asupan asam folat dari vitamin prenatal.

  • Zat besi
    Rekomendasi dosis zat besi sehari-hari yang disarankan untuk ibu hamil adalah 27 mg. Zat besi memiliki peranan penting dalam berbagai proses di dalam tubuh. Di dalam sel darah merah, terdapat molekul hemoglobin yang mengandung zat besi. Hemoglobin membantu sel darah merah mengantar oksigen ke seluruh tubuh. Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup